Desain Mesin Mixer Untuk Kopi Dan Gula


Mesin Mixer adalah mesin untuk mencampur dua bahan atau beberapa bahan menjadi satu sehingga menghasilkan satu produk baru. Khusus pada blog ini, mesin Mixer Kopi dan Gula adalah mesin mixer yang mengolah produk makanan berbasis kopi. Sesuai dengan fungsinya sebagai mesin mixer untuk mencampur produk kopi dan gula, maka hasil produksi yang diharapkan adalah bahan makanan dalam bentuk campuran yang serasi antara kopi dan gula yang sudah siap di konsumsi.

Banyak sekali jenis dan ukuran mesin mixer yang ada di pasaran. Ada spesifikasi yang khusus, terukur dan terencana agar mesin dapat bekerja dengan sempurna. Di internet, bila Anda ingin mengetahui lebih lengkap informasi tentang mesin mixer kopi, ada ratusan situs yang menyediakan desain-desain dari mesin mixer dengan karakteristik untuk bahan-bahan tertentu. Karakteristik untuk bahan campuran  menjadi salah satu hal pokok yang nanti akan menentukan kecepatan mesin ketika bekerja. Karena itu, untuk mendapatkan hasil yang sesuai rencana dari tipe mesin mixer, Anda memerlukan perencanaan yang matang, terukur dan sesuai dengan standar.

Material Utama Untuk Mesin Mixer Kopi dan Gula

Bahan makanan terutama kopi dan gula adalah bahan yang memiliki sifat kering. Anda bisa juga menambah dengan bahan krimer untuk tujuan membuat campuran kopi, gula dan susu. Untuk bahan material mesin, terutama bagian tangki mixer, pita pengaduk dan poros, paling utama dipilih dari bahan stainless steel tipe SS 304. Bahan jenis SS 304 termasuk baja tahan karat khusus food grade. 

Food Grade adalah istilah untuk material produksi makanan dan minuman, yang saat ini sudah banyak diaplikasikan pada berbagai jenis industri pengolahan makanan. Perusahaan berbasis makanan dan minuman yang memproduksi campuran untuk produk unggulannya juga menggunakan mesin mixer dengan material ini. Semua peralatan yang terkait dalam pengolahan produk adalah dari bahan SS 304. Sehingga hasilnya nanti, dari bahan mentahnya sampai menjadi bahan makanan baru hasil campuran oleh mesin mixer, akan menghasilkan produk yang sehat, bersih, dan siap di konsumsi. 

Hasil dari perencanaan mesin mixer yang secara teliti dikerjakan akan memiliki nilai jual yang tinggi. Selain material utama, di buat juga rangka mesin yang terbuat dari material SS 316. Untuk tipe mesin mixer kecil sampai 250 kg per batch, harga di pasar berkisar 10 - 15 juta. Untuk kapasitas mesin mixer yang lebih besar, misalnya di atas 500 kg per batch, harga jualnya minimal sampai 50 juta per unit. 

Perencanaan Awal Mesin Mixer

Pengerjaan mesin mixer dari awal rencana hingga menjadi seperangkat unit mesin mixer yang sempurna melibatkan banyak para profesional. Dari rencana awal perhitungan diameter poros, kekuatan poros, kekuatan bahan penopang mesin, dan pekerjaan analisa bahan yang lainnya, yang semua itu dikerjakan oleh Desainer Mesin. Hingga pengerjaan gambar desain  oleh Drafter menggunakan software AutoCAD. Dan dari hasil gambar desain mesin ini, selanjutnya akan di bawa ke  bengkel mesin untuk proses pengerjaan dan perakitan. Mereka yang bertugas adalah para profesional yang mengerjakan proses las, bubut, serta tugas permesinan yang lainnya.

Desain mesin mixer Kopi dan Gula ini terdiri dari gambar kerja lengkap beserta detail-detailnya. Di rancang khusus untuk bahan makanan yang berbentuk bubuk, seperti kopi bubuk, kopi instan, gula,krimer bubuk. Proses yang terjadi di dalam tangki mixer akan menghasilkan produk baru berupa campuran kopi dan gula, yang selajutnya dari hasil tersebut dapat di kemas kembali dalam takaran produk kopi gula dalam bentuk sachet. Melalui sebuah mesin paking khusus untuk mengemas kopi dalam bungkus sachet, industri makanan dapat memproduksi ribuan bungkus dalam sehari.

Poros Mesin Mixer

Perencanaan awal di mulai dari poros sebagai bagian mesin mixer yang bergerak berputar, bersama dengan pengaduk jenis pita helix/spiral. Desain pita helix ini menyatu dengan poros untuk melakukan proses pengadukan. Perhitungan yang matang terkait diameter poros akan memberikan informasi yang dapat dikaitkan dengan bagian-bagian lain dari mesin. 

Seperi misalnya, seal, bearing, kopling dan reducer. Sehingga diharapkan dari rencana poros ini, mesin mampu bekerja dengan baik, tahan lama,dan dapat di produksi dalam jumlah yang banyak. Bearing, seal mixer, motor listrik, reducer dan kopling penghubung poros ke reducer adalah komponen mesin mixer yang sudah tersedia sebagai material tetap. Jika Anda tidak memiliki data dari beberapa komponen ini, Anda memerlukan informasi dari buku atau mencari di internet.

Dari perhitungan poros mesin mixer, akan menghasilkan dimensi untuk diameter yang sesuai dengan tabel poros menurut standard, sehingga pada bagian-bagian mesin lain yang bersama-sama bekerja, dapat ditentukan ukuran dan jenis yang sesuai kebutuhan. Seperti yang telah disebutkan diatas, untuk bahan poros, tangki mixer, pengaduk di pilih logam tahan karat tipe SS 304. Hal ini tentu saja untuk menjaga kebersihan produk agar tetap higienis. 

Bahan Kopi Dan Gula

Masing-masing bahan makanan, baik kopi bubuk yang sudah matang juga gula dan krimer, Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan yang memproduksi bahan makanan ini secara langsung. Untuk bahan kopi sendiri, yang disiapkan sebagai bahan utamanya, mempunyai beberapa karakteristik dari banyak jenis kopi. Termasuk juga warna dan rasa kopi. Anda dapat memasok kopi bubuk dari industri kopi skala besar untuk mensuplai kebutuhan kopi bubuk di usaha Anda sebagai produsen kopi campuran. 

Anda yang mempunyai bengkel mesin, bengkel las, bengkel bubut, dapat membuat beragam mesin-mesin yang bisa menghasilkan suatu produk baru. Perencanaan awal dari sebuah desain mesin sangat diperlukan agar nanti saat bekerja membuat dan merakit komponen, bagian-bagian mesin menjadi cocok dan sesuai dengan rencana. Anda tentu tidak ingin membuat produk gagal yang sia-sia, bukan?.

Karena itu, desain mesin Mixer Kopi Dan Gula yang diperlukan untuk pengerjaan proses selanjutnya dapat Anda mulai sekarang. Di sini, Anda akan mendapatkan apa yang diperlukan sebagai langkah awal untuk usaha Anda. Bagaimana selanjutnya? masih dalam proses yang mungkin membutuhkan waktu beberapa hari kedepan.

Baca Juga :

Comments

Recent Post

Artikel populer minggu ini

Tangki Mixer Volume 800 Liter

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *