Formula Awal Sebagai Bahan Campuran

Membangun usaha berbasis kopi telah menjadi cara baru bagi para pelaku UKM di bidang kopi olahan. Istilah kopi olahan merujuk kepada produk kopi yang diproduksi dari beberapa bahan tambahan yang dipadu dengan kopi bubuk. Seperti produk kopi dan gula, yang mempunyai cita rasa khas serta semakin diminati para pecinta minuman kopi untuk menemani hari-hari disaat bekerja maupun berlibur. Beberapa jenis kopi olahan telah menampilkan beberapa nama menjadi campuran baru yang serasi dengan bahan pemanisnya yaitu gula.

Untuk menghasilkan paduan yang sesuai antara kopi dan gula, diperlukan beberapa kali percobaan dengan mengambil untuk ukuran 1 gelas. Agar lebih mudah dalam menetapkan takaran dari masing-masing bahan, volume gelas direkomendasikan 250ml. Jadi, bila dilihat pada garis takaran gelas yang sejajar dengan ukuran 250ml, antara air dan campuran kopi gula tadi mempunyai perbandingan prosentase yang berbeda. Jika Anda adalah pegawai dari suatu perusahaan kopi, pekerjaan Anda tersebut memerlukan beberapa kali trial atau percobaan sebagai bagian dari apa yang di sebut Uji Rasa. Langkah ini bertujuan untuk  menetapkan komposisi yang sesuai dengan cita rasa kopi dan gula yang nanti menjadi acuan untuk produk selanjutnya. Kemudian, dari hasil Uji Rasa yang tepat untuk volume 250ml, dapat dibuat campuran dalam jumlah massa diatas 100kg, 250kg, atau lebih besar lagi.

 Langkah Untuk Uji Rasa

Anda mungkin telah merencanakan dalam tahap awal, dimana diperlukan tim kerja yang mampu dan memiliki kemampuan khusus untuk melakukan tes Uji Rasa ini. Jika Anda adalah seorang yang mempunyai jiwa seni memasak, hobi tata boga, hobi membuat resep masakan sendiri, maka Anda adalah orang yang sesuai untuk melakukn semua proses yang berhubungan dengan rasa kopi ini. Berikut informasi yang dapat Anda jadikan referensi:

1. Sebagai langkah pertama untuk proses Uji Rasa ini, cobalah dulu ambil 1 sendok teh kopi bubuk dan 3 sendok teh gula. Air di ambil kurang lebih 3/4 dari volume gelas. Jadi nanti, setelah hasil seduh dalam gelas menunjukkan di bawah garis takar 250ml, ambillah sampel rasa yang telah tercipta. Jika ternyata hasil sampel rasa kurang sesuai, misalnya rasa kopinya kurang nendang, maka menuju langkah selanjutnya

2. Langkah kedua, buat lagi dengan tambahan untuk bahan kopi 1/2 sendok teh. Jadi untuk Uji Rasa ke-2 ini, perbandingan bahan adalah 1.5 sendok teh dan gula tetap 3 sendok teh. Kembali ambil sampel rasa, dan tetapkan apakah rasa sudah sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Jika belum menemukan hasil untuk komposisi yang  tepat, Anda dapat berhenti sejenak untuk mencari sumber informasi di internet, buku atau bertanya kepada rekan kerja Anda.

3. Langkah ketiga akan menjadi rencana awal untuk merumuskan formula campuran bahan yang diperlukan. Apabila memang hasil Uji Rasa di langkah kedua adalah paling sesuai, itulah hasil takaran yang sesuai dan bisa diambil sebagai formula awal untuk campuran kopi dan gula. Anda bisa mengambil data hasil dari Uji Rasa tadi sebagai formula standard. Jika Anda memiliki brand sendiri dalam bidang usaha Anda sebagai pengusaha kopi olahan, Anda dapat membuat produk baru lagi dalam konsep nama brand yang lain. Dari hal yang berbeda tentang proses yang Anda ambil, mungkin ini dapat menjadi brand utama dari sebuah label usaha terkait produk makanan yang berbasis kopi.

Beberapa formula campuran kopi dan gula yang berbeda akan menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda pula. Para pecinta kopi pun sangat peka bila rasa dan aroma kopi yang dikonsumsi ternyata lain dari yang setiap hari mereka nikmati saat pagi hari. Akhirnya mereka para pecinta kopi ini akan mencari formula yang bisa menempati ruang rasa pada lidah yang tidak jauh-jauh dari rasa kopi pilihan mereka. Formula kopi dan gula yang mungkin Anda ciptakan, dapat menarik perhatian pengguna ponsel yang mengakses internet. Hasil kueri dari para pengguna ponsel pintar layar lebar saat ini yang sedang mencari hal terkait formula kopi dan gula adalah 90% dalam lingkup pecinta kopi yang setia.

Produk Anda yang telah menjadi ikon utama sebagai produk unggulan di bidang makanan berbasis kopi, baik kopi murni maupun kopi gula dan susu, dapat mendongkrak peringkat produk Anda di kalangan para pecinta kopi. Pilihan untuk Anda terkait formula kopi dan gula, dibawah ini bisa Anda coba. Untuk membuat satu produk campuran yang pas, Anda dapat menetapkan hasil langkah tiga diatas sebagai acuan untuk membuat Variasi Rasa.

Apa itu Variasi Rasa?

Variasi Rasa adalah hasil rasa campuran kopi gula yang lain, yang diperoleh dari penerapan formula baru dan bisa diterima. Perbandingan takaran atau ukuran per kilogram dari produk yang dihasilkan akan mempengaruhi setiap Batch campuran. Karena itu, jika perbandingan untuk formula baru berbeda denfan formula acuan, namun rasa yang dihasilkan dapat memenuhi syarat untuk dikonsumsi maka penetapan untuk formula kopi campuran itu bisa disimpan.

Anda akan memerlukan beberapa kali Variasi Rasa "tidak sesuai" yang menjadi produk tidak layak untuk dikomsumsi, namun bisa berguna di lain waktu. Jadi,jika formula yang "tidak sesuai" itu memiliki kemiripan dalam hal kelebihan salah satu bahan, bisa gulanya yang lebih banyak atau kopi bubuknya yang kelebihan, maka Anda membutuhkan waktu untuk memperoleh hasil yang sesuai. Maksudnya adalah simpan file Anda itu untuk diuji di lain waktu.

Mengapa variasi rasa diperlukan?

Untuk sebuah produk makanan yang banyak mengandung zat gizi tinggi,Variasi Rasa dari satu produk akan menambah nilai jual yang tinggi pula. Meskipun takaran dalam satu bungkus atau satu paket nanti berisi hanya 1 kg saja. Produk kopi campuran dengan gula adalah produk praktis yang sekarang ini banyak dipasarkan. Hampir di setiap toko dan kedai kopi, tersedia baris-baris produk kopi dari brand nama perusahaan yang berbeda.

Masing-masing produk tersebut memiliki rasa yang berbeda-beda namun ada beberapa yang "mungkin" memiliki kemiripan rasa. Jika Anda ingin mengetahui, produk yang mungkin memiliki kemiripan dalam hal hasil jadinya tersebut berasal dari satu brand induk yang menjadi ikon utamanya.

Variasi Rasa memang menjadi daya tarik untuk pecinta minuman kopi dan gula. Anda akan menikmati sensasi lain yang membuat Anda enggan berdiri dari tempat dimana Anda biasa menikmati kopi hangat buatan sendiri.

Jika Anda suka,formula campuran kopi dan gula berikut dapat Anda coba untuk dibuatkan hasilnya di mesin mixer Anda. Anda boleh membuat takaran setengahnya dari kapasitas mesin mixer 500 kg. Caranya cukup mudah, Anda hanya membagi dua untuk tiap-tiap bahan.


Formula di bawah ini,untuk campuran kopi gula 500 kg

Kopi = 180 kg
Gula = 340 kg
Total = 520 kg
atau
Kopi = 120 kg
Gula = 380 kg
Total = 500 kg

Comments

Recent Post

Artikel populer minggu ini

Review Breville The Oracle Espresso BES980

Buku Referensi Tentang Kopi

Fakta Menarik Tentang Kopi Arabika Dan Robusta

Tangki Mixer Volume 800 Liter

Mengetahui Waktu Terbaik Minum Kopi

Resep Dan Cara Membuat Fresh Mint Iced Coffee

Cara Mengubah File AutoCAD Menjadi PDF Menggunakan Tab Model

Menghias Ruang Tamu Dengan Tanaman Kopi

Review Mesin Kopi Mayaka CM5013B-GS Black

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *