Tangki Mixer Volume 800 Liter

Tangki mixer menjadi tempat untuk kopi dan gula di proses. Setelah Anda mengetahui kapasitas bahan campuran kopi gula yang direncanakan, langkah selanjutnya adalah mendesain tangki mixer dengan memperhatikan volume mixer yang di ambil dari dimensi standard. Dimensi standard adalah ukuran standard yang banyak digunakan untuk menentukan volume tangki mixer yang menjadi tempat untuk menampung bahan baku utama.

Dimensi tangki mixer di ambil dari dimensi standard sesuai dengan spesifikasi dari daya motor penggerak. Untuk mixer dengan volume 800 liter, kapasitas maksimal yang bisa di gunakan pada proses campur bahan adalah 70% dari volume mixer. Rekomendasi untuk kapasitas yang dipilih ada di prosentase 50% untuk memuat campuran kopi dan gula. Jadi apabila saat penuangan bahan, tinggi bahan kopi dan gula yang telah masuk ke mixer berada setengah dari tinggi tangki mixer.

Material Tangki Mixer

Bahan tangki dipilih Plat SS 304 dengan ketebalan 4 mm.Pengerjaan dilakukan dengan proses rolling,menggunakan mesin roll.Hasil dari proses pengerjaan akan membentuk plat menjadi U,dengan ukuran lebar(diameter) tangki 760 mm.

Beberapa toleransi bentuk akan di berikan pada gambar kerjanya,agar bentuk U sesuai dengan fungsinya sebagai tempat menampung bahan campuran kopi dan gula.

Baca juga: Spesifikasi Mesin Mixer Kopi dan Gula Kapasitas 450Kg

Bentuk Dasar Tangki Mixer

Bentuk bidang dasar untuk tangki mixer umumnya  seperti huruf U, namun bentuk tangki mixer yang populer adalah bentuk tabung. Tidak menjadi masalah dalam model dan bentuk tangki mixer ini, asalkan mesin mampu bekerja sesuai rencana. Bila Anda menjumpai bermacam-macam model mixer untuk pengolahan bahan khusus bubuk kopi, bahan kering, dan sejenisnya, maka Anda bisa melihat bahwa bentuk U juga banyak di gunakan sebagai tangki mixernya. Sebagai tempat untuk menampung  produk, bentuk U ini mungkin untuk menyesuaikan dengan model mesin mixer dalam arah horisontal yang searah dengan poros pengadukya.

Pertimbangan lainnya terkait model tangki mixer U adalah proses pengerjaannya yang mudah dan cepat.Cukup membentuk plat menjadi penampang setengah lingkaran,sudah bisa dijadikan sebagai lintasan poros pengaduk yang berputar untuk proses kerjanya.

Kapasitas Tangki Memenuhi Syarat

Tangki mixer yang mempunyai volume 800L, dapat memenuhi syarat memuat bahan campuran kopi gula maksimal 450kg. Kapasitas tangki mixer yang memenuhi syarat adalah massa timbangan bahan yang mewakili ukuran berat kopi dan gula dalam satu kali proses. Untuk volume 800 liter ini, kapasitas proses mesin untuk mampu bekerja sempurna adalah memuat berat bahan campuran kopi dan gula sebesar 450kg. 

Jika disebutkan bahwa kapasitas maksimal mesin mixer kopi dan gula adalah 500kg, bukan berarti bahwa tangki mixer tersebut harus memuat berat / massa bahan 500kg, namun lebih baik kurang dari 500kg, misalnya 300 atau 400kg. Jika dipaksakan juga memuat 500kg, mesin akan mengalami overload. Karena dalam dimensi sebenarnya, volume  mesin mixer yang memuat berat bahan 500kg dalam satu kali proses adalah 1200liter. 

Baca juga artikel tentang: Formula Kopi Dan Gula Untuk 500kg.

Comments

Recent Post

Artikel populer minggu ini

Review Breville The Oracle Espresso BES980

Buku Referensi Tentang Kopi

Fakta Menarik Tentang Kopi Arabika Dan Robusta

Mengetahui Waktu Terbaik Minum Kopi

Resep Dan Cara Membuat Fresh Mint Iced Coffee

Cara Mengubah File AutoCAD Menjadi PDF Menggunakan Tab Model

Menghias Ruang Tamu Dengan Tanaman Kopi

Review Mesin Kopi Mayaka CM5013B-GS Black

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *