Spesifikasi Mesin Mixer Kopi + Gula


Properti dari sebuah mesin mixer memuat data-data yang menjadi ukuran per satu campuran. Ukuran untuk 1 campuran ini dinamakan Batch. Satu Batch bahan campuran kopi dan gula yang telah matang tercampur dan siap untuk di evaluasi oleh pihak Quality Control, dalam proses pengadukan oleh mesin memerlukan waktu tertentu. Penentuan waktu proses dari awal mesin mulai bekerja sampai menghasilkan produk campuran kopi dan gula yang sesuai harus di evaluasi lebih dulu. Tujuannya agar diperoleh hasil produk kopi yang sesuai dengan standard perusahaan.

Setiap spesifikasi mesin mixer yang berbeda akan menampilkan satuan volume yang berbeda pula. Semakin besar dimensi mesin semakin besar pula kapasitas muatnya, dan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk proses menghasilkan produk yang berkwalitas rasa optimal.

Di marketplace offline maupun online, ada bermacam-macam volume mesin mixer yang ditawarkan kepada konsumen. Dari kapasitas mesin mixer yang kecil, yaitu dikisaran 50 kg sampai mesin berkapasitas besar hingga 2000 kg per batch. Kapasitas ini adalah daya muat maksimal bahan baku campuran yang mampu diproses oleh mesin mixer sampai menjadi campuran yang benar-benar rata atau homogen. Umumnya desainer(perancang) mesin memberi dimensi volume berdasarkan kapasitas maksimal mesin mixernya. Perbandingannya adalah kapasitas muat maksimal berada 70 % dari total volume mixer.

Mesin Mixer kapasitas 450 kg

Misalnya untuk desain mixer kapasitas 450 kg,maka volume mixer sekitar 800 liter. Jika diukur pada dimensi penyusun tangki mixernya, dan jika satuan ukuran menggunakan milimeter(mm), maka ukurannya adalah Panjang x Lebar x Tinggi = 1150 x 760 x 920 mm, maka hasilnya adalah 804,080,000 mm3(dibaca milimeter kubik).

Hasil ini masih dalam satuan milimeter, karena itu Anda harus mengkonversinya menjadi satuan Liter. Untuk satuan Liter, dalam Standard Internasional di sebutkan sama dengan 1 dm3(decimeter pangkat 3). Anda tentunya juga sudah mengetahui, bahwa pangkat 3 itu nama lain untuk kubik atau cubical. Seperti misalnya cc, dari singkatan satuan cubicalcentimeter, kita sebut di sekitar kita menjadi centimetercubic.

Cara Konversi Satuan Milimeter Ke Liter

Hasil perhitungan diatas bila di konversi ke Liter(dm3), maka satuan mm harus dikonversi ke dm(decimeter). Cara mudah tinggal di bagi 100 pangkat 3 atau 1juta. Sehingga 804,080,000 : 1juta = 804 dm3= 804 Liter.

Terkait ukuran Liter ini, bila Anda ingin mengetahui menurut ukuran Standard, maka 1 Liter = 1000 cc = 1000 cm3. Kalau diubah dan di jadikan dalam ukuran tempat untuk menampung air 1 L, maka ukuran nya adalah:

 P x L x T = 10cm x 10cm x 10cm = 10 cm pangkat 3.

Jadi kalau di sebut satuan Liter menjadi dm3 adalah decimetercubic. Satuan Liter atau dm3 hingga sekarang populer dibuat sebagai ukuran isi atau volume dari benda ruang 3 dimensi.

Desain Yang Sesuai

Spesifikasi mesin mixer di bawah ini yang sesuai dengan kapasitas 800 L. Properti dimensi adalah  ukuran pada tangki mixer yang berbentuk U. Satuan dalam milimeter.
  • Panjang = 1150 mm
  • Lebar(Diameter Tangki) = 760 mm
  • Tinggi = 960 mm
  • Tebal Plat = 4 mm
  • Kapasitas = 450 kg/batch
  • Bahan = SS 304
  • Rpm = 45
  • Gear Reducer = Nord Helical Tipe

Waktu proses pencampuran

Waktu yang dibutuhkan per batch adalah maksimal 8 menit. Mesin mampu bekerja dengan baik di tegangan listrik 240-380 V. Apabila ingin menambah waktu mixing,disarankan menambah 2 menit sehingga total waktu untuk menghasilkan 1 Batch campuran adalah 10 menit.

Spesifikasi yang telah termuat diatas adalah spek standard untuk mesin Mixer Kopi dan Gula dengan kapasitas maksimal 450 kg. Apabila pengguna ingin menambah kapasitas bahan campuran,maka volume maksimal dapat Anda pilih 600 kg.

Jika Anda berniat untuk membuat atau mendirikan usaha bengkel las yang memproduksi peralatan untuk mengolah makanan, maka material utama yang harus digunakan adalah dari bahan Stainless Steel. Dengan bahan utama penyusun peralatan mesin mixer dari Stainless Steel ini maka hasil yang nanti akan dikonsumsi akan terjamin kebersihannya.

Material Yang Digunakan

Mesin mixer kopi dan gula ini tersusun dari berbagai bentuk benda kerja.Untuk tempat utama sebagai lokasi penempatan bahan kopi dan gula,di desain berbentuk palung  atau setengah lingkaran dengan tambahan dimensi pada bagian sisi kiri dan kanan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat tempat bahan untuk proses mixing adalah plat dari Stainless Steel  SS 304 dengan ketebalan 4 mm.


Comments

Recent Post

Artikel populer minggu ini

Review Breville The Oracle Espresso BES980

Buku Referensi Tentang Kopi

Fakta Menarik Tentang Kopi Arabika Dan Robusta

Tangki Mixer Volume 800 Liter

Mengetahui Waktu Terbaik Minum Kopi

Resep Dan Cara Membuat Fresh Mint Iced Coffee

Cara Mengubah File AutoCAD Menjadi PDF Menggunakan Tab Model

Menghias Ruang Tamu Dengan Tanaman Kopi

Review Mesin Kopi Mayaka CM5013B-GS Black

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *